Kamis, 10 November 2016

Cerpen; Perjuangan Saudaraku

Ada 2 bersaudara, yang bernama Jon dan Doni dan mereka sejak kecil akrab sekali. Namun, sejak Doni sudah menginjak usia 20 tahun, dan pada saat itu yang membiayakan Doni untuk kuliah, ialah saudarannya yang bernama Jon, karna kedua orang tuanya tinggal di luar negeri. Suatu saat Jon mengalami masalah. Ia bangkrut, dan jatuh miskin. Jon tidak mau orang tuanya tau masalah yang di alaminya. Saat Doni dapat kabar kalau kakaknya Jon jatuh miskin. Doni sangat prustasi, dan gak tau mau gimana lagi. Dan Doni lansung menghampiri Jon. "Kak, kamu gimana sih? Kalau kakak bangkrut, trus kuliah aku gimana? Aku gak mau tau, gimana pun caranya, aku harus tetap kuliah!" Kata Doni. Jon kebingungan dan panik "Don, kakak juga gak mau jatuh miskin. Tolong kakak Don, jangan bilang ini sama mama ya? Kakak, gak mau mereka mikir yang gak gak." Kata Jon. Doni tertawa dan berkata " Kak, kak, oke kak, gak aku aku bilang. Asal, kakak cariin aku uang untuk kuliah! Aku gak mau kelihatan miskin di depan teman — teman ku." Jon terdiam sejenak dan bilang "Oke"

Suatu hari Jon mencari perkerjaan tetapi, tak ada satu pun yang mau menerimanya. Dan Jon melihat pemulung yang sedang mencari barang bekas. Jon berfikir "Sebaiknya untuk sementara waktu, aku lebih baik jadi pemulung."

Keesokan harinya Jon memakai baju yang robek dan mengambil barang - barang bekas untuk mencari memberi makan dan membiayai adik nya kuliah. Jon rela tidak makan, agar adiknya senang.
Suatu hari, Doni melihat Jon sedang memulung, awalnya Doni tidak percaya kalau yang memulung itu kakaknya. Doni pun mendekati kakaknya. Doni kaget dan lansung memeluk kakaknya, dan dia menangis di hadapan Jon. Doni sangat menyesali atas perbuatannya, dan Doni meminta maaf kepada Jon.

~TAMAT~
This entry was posted in

0 comentários:

Posting Komentar